Merajut Mimpi Bersama Para Blogger



Resume Kuliah Online Ke- 7
Kelas Belajar Menulis Bersama Omjay Gelombang 12
Narasumber : Bapak Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd


Seperti kisah Pak Brian yang awalnya seorang diri, beliau begitu gembira ketika dapat bertemu dengan kawan-kawan Blogger lainnya. Beliau merasa bersemangat bersama orang-orang yang memiliki hobi yang sama "menulis". 

Dan izinkanlah saya merajut mimpi untuk mengembangkan keterampilan menulis ini agar bisa lebih baik lagi dan menjadi nyata bersama anda semua Bapak dan Ibu guru hebat dari seluruh penjuru Nusantara, kawan-kawan Guru Blogger Indonesia. 

Berikut Profil Lengkap Narasumber yang luar biasa pada pertemuan ke - 7 ini :

Nama : Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd
Tempat Tanggal Lahir : Jakarta, 30 Juni 1992
Pendidikan : S1 PGSD
Pekerjaan : Guru SD
Tempat Tinggal : Bekasi
Aktivitas lain : Ngeblog sejak 2009, Menulis Buku, Puluhan Artikel dimuat media cetak.

Dengan begitu rendah hati Pak Brian begitu sapaan beliau, mulai menyapa Bapak dan Ibu Guru di seluruh Indonesia yang ada digrup Menulis Gelombang 12. Beliau mengungkapkan kegembiraannya dapat berinteraksi dengan semua yang ada di Grup Menulis Gelombang 12, karena beliau sama- sama suka menulis. "Pengalaman saya menjadi guru masih seumur jagung", begitu yang terlontar dari beliau. Sehingga dengan kerendahan hati beliau mengatakan bahwa sebenarnya beliau ingin sharing pada pertemuan itu. Sungguh rendah hati sekali, padahal beliau orang yang luar biasa dan sudah menghasilkan banyak karya.

Sharing beliau yaitu seputar pengalaman beliau ngeblog di blogger.com. dan sedikit kisah menerbitkan buku. Berawal dari peserta saja, Pak Brian tergerak untuk membantu Bapak/Ibu peserta lain yang kesulitan dalam membuat ataupun menggunakan blog. Kebetulan beliau sudah hobi ngeblog sejak 2009 sehingga beliau dapat membantu teman- teman lainnya yang kesulitan.

Mengapa Pak Brian ingin membantu?
Poin utamanya adalah beliau ingin punya banyak teman blogger. Beliau ingin menyampaikan bahwa blog bukanlah media yang sulit untuk digunakan. Beliau sangat berharap bahwa grup ini akan terus eksis.

Berikut yang dapat saya petik dari pertemuan luar biasa bersama Pak Raimundus Brian Prasetyawan :

1. Motivasi menjadi faktor penting untuk menjaga konsistensi menulis (motivasi ada 2 yakni hasil ngeblog dan target ngeblog : sebaiknya jangan terjebak pada motivasi yang berorientasi pada hasil, karena jika tak kunjung mendapatkan hasil kita akan mudah meninggalkan blog).
2. Ide Tulisan. Kita tidak perlu menunggu ide/ kejadian hebat untuk bisa menulis. Hal yang kita lakukan / alami bisa jadi dianggap luar biasa oleh orang lain.
3. Wordpress vs Blogger. Ini tergantung selera masing- masing.
4. Video terbaru tutorial blog bisa kita temukan di channel youtube Pak Brian : Brian Prasetyawan.
5. Pak Brian juga menulis buku tentang blog silahkan lihat daftar isinya di blog beliau : Brian Prasetyawan's blog. 
6. Sejak ngeblog pada 2009, beliau telah membuat sejumlah blog untuk berbagai kepentingan.
7. Saat ini beliau memiliki dua buku solo. pertama buku blog untuk guru dan yang kedua buku aksi literasi guru masa kini yang baru terbit bulan lalu. 
8. Dalam waktu dekat buku solo ketiga akan terbit yang berjudul "Menerjang tantangan Menulis Setiap Hari" berisi tentang Best Practice, Aktivitas di Sekolah, dan Opini Pendidikan.
9. Selain 3 buku solo, Pak Brian juga membuat 1 buku antologi cerita mini bersama siswa sekelas dengan tema hobi. 
10. Tips membuat buku dari tulisan diblog : Menentukan beberapa tema besar postingan yang kira-kira bisa dibukukan, Memilah dan membuat perencanaan.
11. Cara agar Blog kita dapat ditemukan di pencarian google : Membuat tulisan yang jarang diposting oleh web/blog lain, mendaftarkan blog ke google webmaster. 
12. Google asense akan membayar pemilik blog jika ada pengunjung blog yang mengklik iklan dengan perhitungan seberapa banyak iklan kita dilihat oleh pengunjung.


Bagaimana? Sosok yang luar biasa  dan sangat menginspirasi kita bukan.

Karya beliau baik dalam bentuk tulisan diblog, buku dan video sangat bermanfaat bagi kita. 

Kesuksesan akan datang kepada orang-orang yang mau berusaha dan memberi. 

Demikian resume kuliah online pada pertemuan ke - 7 ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. semoga terus memiliki semangat yang luar biasa seperti Bapak/Ibu Narasumber yang hadir secara virtual dikelas menulis omjay. Salam Sehat Salam Literasi.



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Resep Sukses Guru yang Pendiam Dalam Mengelola Kelas

Sebuah Pencerahan

Menu Yang Menggugah Selera