Mau PTK anda menjadi buku? Klik



Begitu membaca kata-kata " Mengubah PTK menjadi Buku" saya langsung sangat tertarik. Selama ini yang terlintas di benak saya hanya membuat Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sesekali saya mendengar PTK yang dijurnalkan. Saya ingin berbagi pengalaman tentang pertemuan online saya bersama seorang Narasumber luar biasa, beliau adalah Bu Hati Nurahayu. 

Bu Hati Nurahayu adalah seorang Penulis juga  Editor yang berpengalaman dan rendah hati. Banyak PTK hasil karya penulis yang telah beliau ubah menjadi buku. Tentunya naskah yang masuk tidak serta-merta diterbitkan begitu saja atau langsung dicetak seperti naskah aslinya. Menurut beliau mengubah PTK menjadi Buku tentu harus mengubah naskah tersebut selayaknya sebuah buku yang lebih menarik untuk dibaca. 

Banyak versi dan ciri khas setiap guru dalam menyusun PTK. Dalam mengubah PTK menjadi buku penting sekali untuk memperbanyak isi materi, variabel bebasnya dari kata kunci judul buku kita atau lebih memperluas isi bacaan berdasarkan sumber yang relevan.  

Menulis PTK tentu tidak asing bagi guru, biasanya menulis PTK dilakukan sebagai salah satu syarat kenaikan pangkat. Mengubah PTK menjadi sebuah buku? Ini adalah hal yang luar biasa. Menurut Bu Hati Nurahayu, buku memiliki kebermanfaatan lain juga sebagai bahan literasi bacaan pendidik lainnya dalam melakukan PTK.

Dibalik kerendahan hatinya, beliau mengungkap bahwa proses belajar beliau untuk menjadi seperti saat ini adalah buah manis dari membaca. Banyak membaca buku-buku best seller menjadikan beliau memahami bagaimana menyajikan sebuah materi dalam sebuah buku. Saya sangat setuju, menulis dan membaca adalah dua hal yang saling berkaitan erat satu sama lain. Kita tidak dapat memisahkan keduanya. Seorang penulis maupun editor hebat tentu menuangkan isi pemikirannya dengan begitu banyak ilmu yang telah dijaring melalui suatu proses. Dimana satu diantara proses itu adalah dari membaca. Dengan membaca tercipta suatu pemahaman, dan dari sebuah pemahaman terlahirlah sesuatu yang cemerlang berupa ide dan gagasan. 

Klik, anda benar-benar tidak rugi telah mengklik tautan tadi, karena ilmu yang berharga dari Bu Hati Nurahayu akan saya share disini.

Ada 2 versi cara untuk mengubah PTK menjadi sebuah buku. 

Versi yang pertama menurut saya lebih dikhususkan pada pendalaman materi dari bagian-bagian Judul PTK itu sendiri. Contoh judul buku dengan versi 1 yaitu "Penerapan Media Kartu Kuartet dalam Pembelajaran Sistem Rangka". Isi buku pada versi yang pertama ini adalah pembukaan yang berisi latar belakang penulisan buku dan tujuan, dilanjutkan tentang pembelajaran seperti pembahasan belajar dan mengajar, tentang media, pengertian media, manfaat media, kemudian media kartu kuartet, apa itu kartu kuartet, seperti apa menyusun kartu kuartet, sistem rangka, dan penerapannya. Lebih banyak dikupas mengenai bagian-bagian yang menjadi kata kunci pada Judul. Ini sangat luar biasa. Pembaca tentu menjadi sangat jelas dan tidak sabar untuk terus membaca tiap lanjutan halamannya.

Tunggu dulu, masih ada versi kedua yang beliau sampaikan jika kita ingin mengubah PTK kita menjadi bentuk buku. Versi kedua ini lebih membahas secara umum namun tetap menyertakan contoh PTK penulis. Contoh judul buku pada versi kedua ini yaitu " Mari Menulis PTK" pembaca akan diajak memasuki bagian pembukaan seperti latar belakang dan tujuan penulisan, kemudian akan ditampilkan pembahasan mengenai apa itu PTK, sistematika penulisan PTK, yang kemudian pembaca akan membaca mengenai contoh PTK penulis. Ini juga versi penyajian yang luar biasa. Sekarang tergantung anda, mau versi 1 atau versi 2?  

Terimakasih sudah klik dan mampir di blog saya. Salam sehat untuk kita semua. 

πŸ™πŸ₯°

Komentar

  1. Aamiin Terimakasih Bu Anik, doa yg sama utk ibu...

    BalasHapus
  2. sangat bagus sekali. penuturannya lembut dan indah.jazakillah bu

    BalasHapus
  3. sangat bagus sekali. penuturannya lembut dan indah.jazakillah bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa iyyaki bu Hati...senang sekali dikunjungi ibu...

      Hapus
  4. Keren bund...Asyiik dapat ilmu ...Trimakasih ya bund.

    BalasHapus
  5. Enak banget dibaca resumnyaπŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  6. Keren bgt bu...bahasanya runut shg enak dibaca..

    BalasHapus
  7. Mantap ding... BagusπŸ‘πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  8. Terus semangat...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Resep Sukses Guru yang Pendiam Dalam Mengelola Kelas

Sebuah Pencerahan

Menu Yang Menggugah Selera