Menu Yang Menggugah Selera



Resume Pertemuan Ke - 6
Kelas Belajar Menulis Bersama Omjay
Gelombang 12
Narasumber :
 Bapak Bambang Purwanto (Mr. Bams)

Menulis merupakan kegiatan kita dalam menuangkan ide, gagasan dan pemikiran kedalam bentuk aksara maupun simbol yang dapat dimengerti orang lain. Omjay pernah mengatakan, "Jadikanlah menulis itu sebagai sebuah kebutuhan seperti makan dan minum". Berpegang pada kalimat luar biasa ini saya mencoba mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari saya. Ditengah kesibukan, saya mencoba untuk selalu "makan dan minum" yakni menulis. 

Setiap pertemuan kelas online ini saya umpamakan sebagai menu plus yang bergizi disamping menu harian yang saya siapkan sendiri seperti "makan dan minum".  Dan menu ke-6 ini tidak kalah dengan menu-menu sebelumnya, sangatlah menggugah selera. Pokoknya, luar biasa!

Sudahkah anda "makan dan minum" hari ini?

Kiranya menu Ilmu yang sangat mengguggah selera ini akan saya bagikan kepada anda semua... Sekali icip-icip awas anda bisa ketagihan menulis..

BAMBANG PURWANTO


Demikianlah nama lengkap beliau. Beliau bukan hanya memberikan ilmu dan kisah inspiratif lebih dari satu tetapi nama beliau pun demikian. Beliau memiliki lebih dari satu nama, beliau biasa dipanggil Abang (nama panggilan keluarga dirumah), Ayah Salwa (nama panggilan sebagai pendongeng) dan Mr. Bams (nama panggilan di sekolah SMP Taruna Bakti. 

Mr. Bams (saya panggil beliau ini saja ya) dilahirkan di Bandung pada 6 April 1974. Ada cerita menarik disini yang beliau sampaikan cerita yang sangat renyah dan humoris (tepat saja beliau adalah seorang pendongeng hebat beliau juga merupakan seorang pendongeng tetap di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung). 

Menurut beliau, beliau dilahirkan sebagai seorang anak yang  kurang berani maka Allah mengantarkan seorang teman kedalam perut Ibu jadi beliau tidak sendirian. Mereka lahir normal, saat mau keluar Mr. Bams bermain hompimpah siapa yang menang dia yang keluar duluan. Mr. yang mulai mendongeng sejak 2003 ini pun memainkan kedua tangannya sehingga kalah. 

Mr. Bams adalah guru Tetap di sebuah sekolah yaitu SMP Taruna Bakti.

Beliau beralamat di Perumahan Lebakwangi Asri RT 04 RW 13 Desa Lebakwangi Kec Arjasari Kab Bandung Jawa Barat – 40379

Beliau bisa dihubungi di nomor telpon 088809405468, 081322278305 atau

Email pribadi : bangpurwa@gmail.com

Blog & Website : www.penamrbams.id

Instagram : @ayahnasalwa

Beliau adalah lulusan Jurusan Sistem Informasi di STMIK AMIKBANDUNG.

Memiliki hobi membaca buku, mendongeng, berorganisasi dan catur.

Isteri beliau adalah Ibu Euis Mulyati (Ibu rumah tangga, pernah bekerja 18 Leader SPG PT. SMU / Wings). Beliau dianugrahi seorang putri cantik bernama Salwa Nurkhalishah yang saat ini adalah pelajar kelas XI di SMAN 1 Banjaran. Masih ada lagi, Mr. Bams ini juga Pengelola Taman Baca beliau adalah Ketua TBM AS Lebakwangi. 

Bagaimana perjalanan beliau sampai dengan saat ini? Berikut kita simak bersama...

1992 - 2000 : Konsultan

2001 - 2004 : Kemfood (milik Bob Sadino)

2004 - 2008 : Pendongeng Keliling

2004 - 2008 : Konsultan Pelatihan

2008 - saat ini : Guru SMP Taruna Bakti 

Luar biasa bukan!

Luar biasa bukan!

Bersiaplah, menu spesial kita kali ini akan kita santap bersama. Agar nutrisi ilmunya terserap dengan baik, jangan lupa baca doa dulu ya...

Kapan Mulai buat Blog ?

Saat Mr. Bams di SMP Taruna Bakti diterima tahun 2008, tahun 2009 Mr. Bams selain guru juga diminta membimbing ekskul. Beliau membimbing ekskul blog. Saat itu memakai multipy.

Kenapa Konsultan ?

Saat itu Mr. Bas diterima sebagai tenaga administrasi, mengoperasikan komputer diperusahaan konsultan pemetaaan.

Jodoh Mr. Bams?

Ternyata dalam perjalanannya multiply tidak bisa dipakai lagi, beliau berpindah hati ke wordpress. Kenapa nggak blogspot, ya namanya juga jodoh. Jadi beliau memilih wodpress.

Kenapa Ngeblog ?

"Saya senang dunia menulis", begitu ungkap beliau. Mr. Bams menyampaikan karena sejak tahun 2003 beliau adalah pendongeng juga. Maka sebagai sumber mendongeng beliau harus banyak membaca buku.

Mendongeng saja tidak sembarang asal mendongeng tetapi harus dikembangkan dengan hasil membaca dari berbagai sumber.  

 Lanjut yaa...

Tahun 2011 Mr. Bams membuat Taman Baca di rumah sendiri, dan sejak tahun 2012 taman baca sudah mandiri. Mantap Mr. Bams! 

Pegiat Literasi

Bukan hanya perangko yang bisa nempel di amplop surat ya. Label pegiat literasi resmi nempel pada Mr. Bams sejak tahun 2011.

Mr. Bams sudah kenal dengan Gol A Gong, penulis hebat Balada si Roy. Beliau juga pendiri Rumah Dunia. Rumah Dunia adalah taman bacaan yang keren.

Disekolah pun sebelum ada program Gerakan Literasi Sekolah , membaca lima belas menit. Mr. Bams sangat senang membaca. Kegiatan yang berhubungan dengan literasi disekolah selalu mendapat jatah untuk terlibat. 

Prestasi tertinggi di sekolah

Saat SMP Taruna Bakti tahun 2019 mendapatkan Juara Literasi Katagori Utama mengalahkan sekolah negeri yang favorit. 

Saat itu beliau ikut andil sebagai Ketua Tim Literasi. Selain sekolah, beliau pun mendapat Anugerah Penggiat Literasi Dari Dinas Pendidikan Kota Bandung. 

Tahun 2019 Mr. Bams mengikuti ajang Guru Inspiratif Een Sukaesih 2019 dan masuk 6 besar serta mendapatkan penghargaan dari Kepala Disdik Jabar dan Bapak Gubernur.

Dimana bisa bertemu orang-orang hebat seperti beliau?

Jawabannya di sebuah kelas tanpa tembok dan jendela, sebuah kelas yang siswanya ratusan, dimana lagi kalau bukan di Kelas Belajar Menulis bersama Omjay.

Semua pertanyaan saya mix dalam semangkuk sajian sedap

Pertanyaan yang masuk melalui Ibu Moderator Ibu Fatimah, S.Si sangat banyak. Antusias peserta kelas belajar menulis gelombang 12 juga sangat besar. Berikut sajian sedapnya...

19 pertanyaan dijawab dengan jelas oleh Mr. Bams, satu persatu beliau jawab untuk melegakan rasa haus dan dahaga serta laparnya keingintahuan kami. 

Pertanyaan pertama kebetulan datang dari seorang teman guru yang satu kota dengan saya. Beliau bertanya kepada Mr. Bams perihal kurang fokusnya dalam menulis di blog, beliau cenderung lebih suka utak - atik tampilan blog dibandingkan dengan menulis. Nah mungkin diantara kita juga ada yang demikian, mengutak - atik tampilan blog itu adalah hal yang baik tidak semua orang apik melakukannya. Hanya saja ketika kita ingin fokus pada menulis mr. Bams mengatakan agar kita dapat berdamai dengan diri sendiri, buatlah target menulis, seminggu sekali, dua hari sekali atau setiap hari. Ketika sudah dilakukan kita bisa meningkatkan intensitasnya. 

Semangat menulis ya buat kita semua!

Let's write! 

Ayu itah Manyurat!

Ada yang tau arti bahasa daerahku ini?

Disusul pertanyaan yang lain mr. Bams tetap dengan senang hati dan sabar menjawab semua pertanyaan. Begitu juga Bu Fatimah yang setia mendampingi Mr. Bams pada sesi tanya jawab. 

Ada juga peserta yang bertanya berapa lama seseorang bisa mahir dalam menggunakan blog, menurut mr. Bams untuk kategori dasar seseorang bisa membuat dan menggunakan blog dalam jangka waktu dua hari bahkan bisa satu hari. Benar saja saya merasa mulai lancar menggunakan blog di hari kedua. Walaupun masih dengan keterbatasan dalam penyajian tampilan yang diinginkan. 

Menurut Mr. Bams menulis di blog bisa dimana saja baik wordpress, blogspot maupun di web semuanya baik. Semua ini tergantung selera dan kebiasaan masing-masing. Jika ingin memiliki keduanya atau lebih boleh saja asalkan adil, eh asalkan dikelola dengan baik... Ingat yaaa....

Sebagai seorang blogger mr. Bams juga pernah lho mengalami kendala. Jadi, kendala bukan hanya dihadapi oleh kita saja. Orang sehebat beliaupun juga pernah menghadapi kendala. Hanya saja bagaimana kita dan solusi yang baik untuk menghadapinya. Mr. Bams juga pernah menghadapi jaringan yang tidak bersahabat dan kehabisan ide. Namun, solusinya beliau membaca, beliau pergi ke taman baca atau perpustakaan pribadi. Super sekali khan.... Jadi jika kita kehabisan ide so jangan galau dan ngelamun ya.. apalagi dibawah pohon sendirian... Hehehe...

Nah, ada lagi yang tidak kalah penting nih... Bagaimana cara agar blog kita ramai dikunjungi. Berikut tips dari mr. Bams!

1.Tergabung dengan komunitas (ya salah satunya seperti grup belajar menulis bersama omjay ini)

2.Sering memperkenalkan blog kita ke media sosial baik itu wa, fb, IG dan sebagainya

3. Yang ketiga dan yang terpenting adalah buatlah blog kita untuk membantu orang lain.

Super! Semoga kita bisa menerapkannya ya.

Belum selesai, masih ada pertanyaan menarik yang sudah beliau jawab. Bolehkah 1 artikel di posting di 3 blog? Nah yang mau posting seperti ini atau yang belum pernah bisa kita simak aturannya ya. Menurut mr. Bams kita harus menentukan dulu posting yang utama misalkan di blogspot, nah nanti saat posting di wordpress maka di akhir halaman kita bisa jelaskan dengan tambahan kalimat " Tulisan ini pertama kali diunggah di...blogspot.com".

Blog juga ada yang gratis dan ada yang berbayar. Saran mr. Bams jika anda seorang guru, optimalkan saja apa yang ada, tidak harus berbayar, terkecuali jika ingin naik kelas. 

Apakah ada kejahatan tersembunyi yang bisa mengancam blog kita? Amankah tulisan-tulisan kita? Mr. Bams menjawab bila tulisan kita sudah di publish tidak lagi hanya milik kita. Akan tetapi sebagai seorang blogger yang baik bilamana kita mengambil sumber dari yang lain sebaiknya link atau url disertakan. Satu kalimat yang saya suka dari mr. bams dalam menjawab pertanyaan ini yaitu Menabung yang baik adalah dengan Memberi.

Saat ini juga ramai vlog. Mr. Bams sendiri mengakui vlog lebih ramai. Tetapi kata-kata beliau super, bikin saya sebagai seorang guru juga wow mendengarnya. Vlog boleh saja lebih ramai, tetapi karena kita guru ada pesan yang harus tersampaikan kepada generasi selanjutnya bahwa "Menulis" tak akan pernah tergantikan. Semua dari Menulis. 

Namun jika kita berminat menjadi vlogger beliau mempersilahkan. 

Diakhir sajian ada hal yang lucu sekaligus bikin pilu. Saat salah seorang peserta bertanya mengenai Taman Bacaan yang beliau kelola dengan biaya dari beliau sendiri yang semua fasilitasnya digratiskan bagi para pengunjung.

Siapa saja pengunjungnya?  

Beliau menjawab pengunjungnya warga setempat, sekolah-sekolah di sekeliling bahkan pengunjung yang datang dari beda kecamatan yang jarak tempuhnya bisa sampai 2 jam pulang pergi. Bahkan ada buku yang tidak kembali lagi.  Duh.. semoga rezeki mr. Bams selalu berlimpah ya.. semoga sukses mr. Bams.

Sekian resume dari saya...

Mohon maaf atas kurang dan lebihnya...

Silahkan tinggalkan komentar... Terimaksih...

Salam sehat, salam Literasi. 


Komentar

  1. bagus dan kreatif juga tampilan blog ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Pak Roni, senang sekali blog saya dikunjungj bapak...

      Hapus
  2. Banyak manfaat baca tulisan ibu, jelas dan mudah dipahami.

    BalasHapus
  3. tulisannya jelas dn rinci jadi mudah dipahami

    BalasHapus
  4. tulisannya keren bun lengkap
    tp maaf ya... agak silau
    jadi kurang fokus bacanya

    BalasHapus
  5. Trmksih bun... Hehe iya bun nanti mau sy ubah warna latar teksnya..karena utak atik belajar tampilan blog nyoba wrna wrna lain..

    BalasHapus
  6. hebat....hanya maaf latarnya mungkin diubah warnanya agar adem bacanya.
    mohon berkunjung di https://gemarita.blogspot.com/2020/06/resume-ke-6-malam-kemarin-pelatihan.html dinanti krisannya. Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih bun..hehehe iya bun...masih utak atik...

      Hapus
  7. Menabung yang baik adalah dengan Memberi...super terus...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Resep Sukses Guru yang Pendiam Dalam Mengelola Kelas

Sebuah Pencerahan