Membangun Personal Branding Butuh Pondasi?



Resume Pertemuan Ke- 10 Kelas Menulis Bersama Om Jay
Narasumber : Bapak Agus Sampurno 

Salam Literasi. Selamat berjumpa, Bapak dan Ibu Guru hebat seluruh Indonesia.

Membangun Personal Branding Butuh Pondasi? Tentu, dan pondasi itu bukanlah menjadi orang yang hebat namun pondasi yang utama adalah nekad. Bagaimana itu bisa anda lakukan? Simak berikut ini.

Pada pertemuan Kelas Online ke - 10 ini masih tetap suprise dengan Narasumber yang hadir. 


Kelas menulis bersama Om Jay ini begitu membuka wawasan kita. Sesuatu yang dulunya dirasa tidak mungkin kini menjadi mungkin. Bayangkan saja selama ini saya hanya dapat berinteraksi dengan orang- orang di sekeliling saya. Ada pula saatnya beberapa diantara kami memperoleh kesempatan untuk mengikuti Diklat atau Pelatihan hingga berjumpa dengan Narasumber dari luar daerah dan ini pun tidak sering. Namun dengan mengikuti kelas menulis ini saya merasa begitu dekat, begitu menyatu dengan seluruh Bapak dan Ibu Guru hebat didalamnya. 

Setiap hari Senin, Rabu dan Jumat kita bisa memperoleh ilmu luar biasa dari Narasumber hebat yang berbeda- beda. Kadang kitanya sendiri sebagai peserta yang harus pandai - pandai mengalokasikan waktu agar dapat tetap mengikuti dengan baik walaupun kadang saya pribadi juga dapat terlambat mengikuti kelas atau membuat tugas resumenya. Namun saya bertekad untuk dapat mengikuti kelas ini dengan baik. 

Bayangkan dimana kita bisa temukan kelas menulis yang seperti ini? Gratis, Penuh Ilmu yang luar biasa, Bisa berjumpa orang- orang hebat dan berinteraksi dengan mereka. Tidak ada satu peserta pun yang bakal dicuekin di grup ini. Setiap pertanyaan yang muncul akan dijawab dengan seksama.

Pertemuan kali ini saya dan teman- teman berjumpa dengan seorang Narasumber yang luar biasa dengan metode perkuliahan yang cukup berbeda dengan perkuliahan dipertemuan sebelumnya.  Beliau adalah seorang pakar menulis sekaligus motivator. Beliau adalah Bapak Agus Sampurno. 

Ibu Fatimah, S.Si memandu kami langsung dari Aceh. Kemajuan teknologi memungkinkan kami sdari segala penjuru Nusantara berkumpul disini. Terimakasih PGRI, Om Jay, seluruh Narasumber dan juga Bapak Kepala Sekolah kami yang sudah menceburkan saya ke dalam kolam ilmu Grup Menulis ini.
 
Awal kelas menulis kali ini nampak berbeda, bukan pemaparan materi yang diberikan namun Pak agus Sampurno malah meminta kami sebagai peserta untuk mengisi survei mengenai blog dan personal branding di www.joinmyquiz.com pretes.


Hal ini cukup menarik dan seru! Dari sini Pak Agus Sampurno mengetahui apa yang di sukai oleh peserta sehingga dapat memberikan judul yang tepat untuk kami. Banyak diantara kami yang berhasil masuk ke link tersebut dan Pak agus langsung memberikan judul yang sesuai. Peserta diminta menulis 150 - 300 kata sesuai judul yang ada. Namun, ada juga diantara kami yang kesulitan mengakses link tersebut termasuk saya sendiri. Pada akhirnya Om Jay mengusulkan untuk dapat memberikan pilihan beberapa judul bagi peserta lain. 
Berikut Judul tulisan yang diberikan oleh pak Agus :


Kelas malam itu lebih berwarna dengan warna berbeda. Dari yang saya tangkap Pak Agus adalah orang yang easy going. Pak Agus lebih senang cara pembelajaran dengan students' oriented. Beliau bisa berada di kuliah online walaupu saat itu beliau sedang dalam perjalanan. Kami semua bertanya- tanya juga mengapa beliau bisa menciptakan beberapa buah judul dalam waktu yang singkat.

Pak Agus langsung menjelaskan bahwa pada intinya beliau menganalisa antara apa yang menjadi hal yang disukai dari beberapa peserta kemudian diberikanlah ramuan judul. Luar Biasa!

Berikut pilihan judulnya : 

A. 3 hal manfaat dari kegiatan di grup Belajar Menulis
B. 3 cara guru tetap optimis di masa new normal
C. 3 Salah paham guru mengenai kegiatan penelitian.
D. 3 cara mudah guru memberikan contoh kedisiplinan
E. 3 hal manfaat dari kegiatan di grup Belajar Menulis
F. 3 cara mudah guru memberikan contoh kedisiplinan
G. 3 resep sukses guru yang pendiam dalam mengelola kelas.

Berikut kesimpulan yang bisa saya tangkap dari beliau pada pertemuan ke sepuluh ini :

1. Dalam menulis aspek judul mesti diutamakan.
2. Judul juga bisa membuat anda punya Personal Branding.
3. Personal Branding  adalah aspek dimana anda dikenal karena beberapa hal yang menjadi fokus anda.
4. Tidak perlu ahli dulu untuk memiliki Personal Branding.
5. Anda mesti ngotot belajar yang anda suka.
6. Bagilah hasil  belajar anda dengan pembaca lewat tulisan anda diblog.


Pertemuan ke sepuluh ini pun ditutup dengan beberapa kata dari Bu Fatimah selaku Moderator. 

"Jika ingin sukses maka nekadlah, tulis diblog dan bagikan"

Demikian Resume dari saya, salam Literasi.

Komentar

  1. mantul tulisannya mengalir nyaman di baca, tetapi gambarnya terlalu banyak.

    BalasHapus
  2. Semangat mbak...keren blogx ama resumenya...mampir ya di https://diarynulfah.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Keren mantap.. Baru sempat jln 2. Yuk ditunggu ya Bu bwrkenan singgah di rumahku

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Resep Sukses Guru yang Pendiam Dalam Mengelola Kelas

Sebuah Pencerahan

Menu Yang Menggugah Selera