MPLS SMP NEGERI 2 SELAT



Salam SUPPEL!
Santun, Unggul, Prestasi, Peduli Lingkungan!

Alhamdulillah, akhirnya MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) SMP Negeri 2 Selat berjalan dengan lancar. MPLS ini dilaksanakan sejak tanggal 13 Juli sampai dengan 14 Juli 2020.  

Luar Biasa, dengan kerjasama yang solid dibawah bimbingan Bapak Kepala Sekolah Bapak Kadeni, S.Pd.,M.Pd. dan diketuai oleh Bapak Jupriyanto, S.Pd akhirnya kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik.


Adapun kegiatan ini dilaksanakan secara kombinasi yakni secara Daring (Dalam Jaringan) dan secara Luring (Luar Jaringan). 

Antusias para peserta didik baru juga nampak dari kesiapan mereka dalam mempelajari penggunaan aplikasi zoom yang dipergunakan selama proses MPLS ini. Ini pula tak lepas dari kegigihan Tim MPLS dalam menuntun sekaligus memberikan penjelasan dan menjawab setiap pertanyaan yang muncul dalam prosesnya. Baik mulai dari persiapan, video panduan, dan bagaimana mengatasi kendala- kendala yang muncul. 

Adapun Susunan Kepanitiaan dan Anggota dalam MPLS ini adalah sebagai berikut.

SUSUNAN PANITIA PELAKSANA MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS)
TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Penanggung jawab : Kadeni, S.Pd., M.Pd
Ketua   : Jupriyanto, S.Pd. (MC)
Sekretaris   : Alif Filan T.Q., S.Pd (Host)
Bendahara   : Nuryati 
Tim Kreatif 
1. Subehan, S.Pd
2. Agathe, S.Pd
3. Nurmutasi laia, S.Th
4. Isnawati, S.Pd 
Anggota-anggota 
1. Hj. Wahyuningsih, S.Pd
2. Rondang TLT.,S.Pd
3. Erina Diani, M.Pd
4. Dra. Endang S.
5. Musidah, S.Pd
6. Kameloh, S.Pd
7. Norika, S.Pd
8. Nonie, S.Pd
9. Yulia Netty, S.Pd
10. Sunardi, S.Pd
11. Ernawati, S.Pd
12. Apriati, S.Pd
13. Rasani, S.Pd
14. Mahrita, S.Pd
15. Pajeri, S.Pd
16. Ertawatie, S.Pd
17. Hikmah, S.Pd
18. Kiki Afrilia, S.Pd
19. Teni Aristya Pratiwi, S.Pd
20. Yurike Dessy A.,S.Pd
21. Sri Sunarsih
22. Pancar
23. Arsinah
24. Ali Hasmi
25. Mariadi
26. Ansori





Hari pertama para Peserta Didik Baru sudah antusias tak sabar menanti link undangan zoom meeting yang mereka nanti- nanti digrup WA MPLS. Hingga saatnya tiba link zoom meeting dibagikan, mereka mulai terhubung satu sama lain melalui aplikasi ini. 

Proses pengunduhan, penginstallan dan persiapan aplikasi ini untuk siswa di jenjang SMP bukanlah tanpa kendala. Para Guru yang menjadi bagian dari persiapan MPLS ini harus dengan sabar dan telaten menghadapi segala pertanyaan dan kendala yang dihadapi siswa. Tidak menutup kemungkinan para guru juga ikut menjelaskan dan membantu para orang tua yang tak malu-malu bertanya untuk keberhasilan penggunaan aplikasi ini. 

Untuk sesuatu yang baru tentu tidaklah mudah, kitapun berada pada masa new normal atau kenormalan baru. Mencoba sesuatu yang awalnya tampak sukar namun dengan kegigihan akan menghasilkan keberhasilan. Mungkin itulah yang menjadi penyemangat para Guru, Orangtua dan Peserta Didik Baru.

Senin 13 Juli 2020. Mentari pagi sudah terbit di Ufuk Timur. Dinginnya unsur H2 dan O2 pagi itu menyatu sebagai senyawa yang mengalir lembut di wajah- wajah para Penerus Bangsa. Tunas Muda Indonesia. 

Meskipun pandemi ini meluluh lantakan negara paling maju sekalipun, namun semangat mereka Siswa - Siswi Indonesia dalam balutan seragam lengkap putih biru tetap hadir ceria dari balik layar kaca. Tak alang senyum mereka, tawa mereka memberikan energi positif dan semangat bagi kami para Guru. Mereka bukanlah sekedar siswa, mereka adalah bagian dari kami. Kami tidak tahu entah kelak dari tangan mereka yang mana yang akan menghantarkan kami menuju Syurga Nya.



Suara menggelegar mulai terdengar di audio. Bapak Jupriyanto, S.Pd mulai menyapa para peserta didik baru dengan sangat ramah. Anak- anak pun ramai membalas sapaan beliau. Saatnya memasuki acara dengan khidmat beliau mulai memimpin seluruh peserta untuk berdoa. Audio para peserta ditutup. Suasa hening seketika masing- masing mulai memanjatkan doa.


Bapak Kadeni, S.Pd.,M.Pd selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Selat yang juga merupakan Ketua PGRI Kabupaten Kapuas menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan MPLS yang akan berlangsung selama 2 hari ini akan menghadirkan materi - materi yang esensial yang diharapkan dapat berguna bagi seluruh peserta. Beliau juga menyampaikan sebagian besar siswa baru mengikuti MPLS ini secara virtual atau daring sedangkan siswa yang melaksanakan secara Luring dapat mengambil materi ke sekolah dengan tetap menerapkan protokol Covid. 



Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Bapak Dr. H. Suwarno Muriyat , S.Ag.,M.Pd. telah berada ditengah- tengah kami. Ini adalah suatu kebanggaan sekaligus kehormatan bagi kami. Beliau berkenan membuka kegiatan MPLS ini. Beliau menegaskan bahwa Kapuas masih berada di zona merah sehingga pembelajaran yang dimulai dengan MPLS tidak diperbolehkan secara tatap muka.


Beliau mengapresiasi Pelaksanaan MPLS Virtual ini sebagai adaptasi kebiasaan baru yang nantinya akan berlanjut melalui BDR (Belajar Dari Rumah). Berada di  ruang kerjanya, beliau juga berpesan agar para Pendidik dapat bekerjasama dengan Orang Tua dan Peserta Didik untuk melakukan metode yang tepat dalam pelaksanaan BDR.

Adapun materi yang disampaikan pada MPLS hari pertama adalah Profil Sekolah, Visi Misi yang disampaikan oleh Bapak Subehan, S.Pd.I. 
















Kemudian materi mengenai Kurikulum, Jadwal Pelajaran, Tata Tertib, Peraturan Akademik yang wajib diketahui Peserta Didik Baru disampaikan oleh Ibu Alif Filan T.Q, S.Pd.


Dan yang terakhir adalah mengenai Covid 19. Pola Hidup Sehat dan New Normal yang sangat bermanfaat di masa sekarang ini, oleh Ibu Isnawati, S.Pd. 


Disaat bersamaan Kabid Pembinaan SMP Bapak Agustin didampingi sejumlah Kasi berkunjung dan melihat langsung ke SMP Negeri 2 Selat dan sejumlah SMP dalam Kota Kuala Kapuas. 


Berikut adalah video yang berisi Kesan dan Pesan dari Bapak Jupriyanto, S.Pd. selaku Ketua dari Kegiatan MPLS ini.


Hari Kedua, 14 Juli 2020, antusiasme para peserta semakin meningkat. Terlihat dari keaktifan mereka dalam bertanya. Sebagaimana hari pertama Bapak Jupriyanto, S.Pd kembali memimpin Doa. Materi pertama di Hari Kedua MPLS juga tak kalah penting dan menarik. Belajar Dari Rumah (BDR), Penilaian Jarak Jauh (PJJ) dan Sistem Penilaian Online juga disampaikan dengan begitu jelas oleh Ibu Agathe, S.Pd. 


Disusul dengan Wawasan Wiyata Mandala dan Sarana Prasarana oleh Ibu Nonie, S.Pd dan Bapak Sunardi, S.Pd.




Tak terasa waktu berlalu hingga memasuki Renungan oleh Ibu Nurmutasi Laia, S.Th. 


Pak Jupriyanto juga mengajak siswa - siswi untuk bernyanyi bersama. "Di sini senang, di sana senang di mana - mana hatiku senang. Di rumah senang, di sekolah senang di mana- mana hatiku senang. La, la, la, la, la, la, la,la, la, la, la. Lantunan lagu ceria ini semakin menambah keakraban suasana.



Sebelum Penutupan Ibu Isnawati, S.Pd tak lupa untuk menyampaikan Nama - Nama Peserta yang beruntung sebagai Peserta yang aktif dalam bertanya selama dua hari kegiatan MPLS. Tujuh orang peserta memperoleh penghargaan dari sekolah dengan memperoleh hadiah berupa Paket Kuota. Mereka adalah Rio Setiawan Amisura, Syifa Aulia Nurhidayah, Chelsea Olivia, Rachel Laurencia, Zaskia Putri, Yohana dan Irwandi Saputra. 


Selamat buat anak- anak hebat! Luar Biasa!



Pak Kadeni pun mulai menutup acara. Ucapan terimakasih pun diucapkan kepada seluruh peserta dan orang tua yang telah mendampingi dan mendukung anak-anaknya. Sukses Selalu.



SALAM SUPPEL.
SANTUN.
UNGGUL.
PRESTASI.
PEDULI LINGKUNGAN.

TETAPLAH SEMANGAT PARA GURU HEBAT, ANAK  DIDIK DAN ORANG TUA !

KITA PASTI BISA MELALUI INI !

INDONESIA AKAN AMAN KEMBALI !

MENTARI AKAN TERBIT DENGAN SENYUM ANAK-ANAK YANG AKAN BERANGKAT KESEKOLAH MENGAWALI PAGI...

















Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Resep Sukses Guru yang Pendiam Dalam Mengelola Kelas

Sebuah Pencerahan

Menu Yang Menggugah Selera