Simulasi Persiapan PGRI KAPUAS WEBINAR



Salam PGRI! Salam Solidaritas! 
Salam Hangat Para Guru Hebat
di seluruh  Indonesia, semoga salam 
penyemangat ini  membawa hujan energi positif dan semangat bagi kita semua.

Mempersiapkan kegiatan PGRI KAPUAS WEBINAR yang akan dilaksanakan pada esok hari, Kamis 4 Juli 2020, hari ini tepatnya Jumat 3 Juli 2020 PGRI Kabupaten Kapuas mengundang para Peserta untuk melakukan Simulasi Kegiatan demi kelancaran Kegiatan WEBINAR tersebut. Kegiatan Simulasi ini dilaksanakan mulai pukul 14.00 s.d 15.00 WIB. 

Dimana peserta yang sudah mendaftar dan  dibagi ke dalam beberapa group Whatsapp diundang melalui tautan link Zoom Meeting atau melalui ID Zoom Meeting dan Password yang dibagikan oleh panitia. 
Meeting Room sendiri dibuka 15 menit sebelum kegiatan dimulai. Cukup banyak peserta yang mengikuti Kegiatan Simulasi atau Persiapan ini, terlihat dari nampak nya jumlah participant yang hadir dari sekitar kurang lebih 287 participant. Luar biasa!


Semua berkumpul dalam satu layar kaca, mulai dari Kota Kuala Kapuas dan berbagai wilayah disekitarnya hingga Pasak Talawang. Kecanggihan Teknologi mempererat tali silaturahmi antar sesama Pendidik Tunas Bangsa. Baik Kepala Sekolah maupun Guru dari jenjang TK, RA, SD, MI, SMP, MTS, SMA, SMK, MA berkumpul bersama dengan penuh antusias. 

Ibu Rahma Fitri Awal, S.Pd.I selaku host pada kegiatan ini mulai menyapa para peserta yang hadir pada Zoom Meeting. Para peserta juga saling menyapa yang membuat ramai suasana. Para peserta kembali di sapa oleh Bapak Ketua PGRI Kapuas yaitu Bapak Kadeni S.Pd., M.Pd. Kegiatan simulasi ini tidak terkesan kaku namun diselingi canda tawa yang membuat semakin hangat suasana.

Panitia juga kembali mengingatkan bagi para peserta Webinar PGRI Kapuas yang akun Zoomnya masih belum menggunakan nama asli atau masih menggunakan nama perangkat agar dapat menggantinya dengan nama pengguna yang sesuai. Bagi para peserta yang kesulitan untuk merename atau mengganti nama akunnya, Pak Bayang pun siap membantu saat Kegiatan Simulasi berlangsung. Sehingga para peserta dapat memiliki tampilan nama yang sesuai dengan nama aslinya berikut nama Instansinya.

Untuk kelancaran dan kejelasan penyampaian di Zoom Meeting, panitia pun mulai mengklik mute bagi seluruh peserta. Sejenak suasana yang tadinya ramai menjadi sedikit hening. 


Peserta lebih fokus dalam menyimak apa yang disampaikan panitia. Suara dari para peserta disenyapkan sementara. Panitia sendiri memberikan penjelasan terkait apa saja Tata Tertib, Susunan Acara dan hal-hal lain untuk kesiapan kegiatan esok hari.

Berikut Tata Tertib yang disampaikan kepada para peserta :


Peserta dapat mengunduh aplikasi ZOOM pada Laptop atau Smartphone dan memastikan jaringan internet aktif dan stabil, serta kuota tercukupi. Akses ke ZOOM sendiri nantinya akan dibuka 30 menit sebelum acara dimulai. Peserta harus memastikan sudah bergabung sebelum acara dimulai.

Peserta yang mendapatkan akses ke Zoom harus berpakaian sopan dan berperilaku sopan saat Webinar dilaksanakan. Peserta sangat diharapkan untuk mematikan suara (mute) selama proses Webinar berlangsung.

Untuk sesi bertanya sendiri semua peserta yang mengikuti Webinar melalui Zoom atau Youtube dapat mengajukan pertanyaan dengan cara: Ketik TANYA, lalu dilanjutkan dengan menuliskan nama, asal instansi dan pertanyaan secara ringkas melalui chat. Host akan menyampaikan kepada pembicara beberapa pertanyaan karena waktu untuk diskusi terbatas.

Sertifikat akan dibagikan bagi peserta yang mengikuti acara dari awal hingga berakhirnya Webinar. Di akhir acara, link daftar hadir akan dibagikan. Link tersebut hanya akan aktif selama 30 menit. Dalam pengisian daftar hadir, para peserta menggunakan EMAIL PRIBADI aktif. 

Adapun susunan acara untuk kegiatan Webinar esok hari disampaikan pada kegiatan simulasi ini, yaitu sebagai berikut : 

  • Pembukaan
  • Doa
  • Pengantar Ketua PGRI Kabupaten Kapuas
  • Sambutan Kepala Dinas Pendidikan Kapuas, Membuka Materi 1
  • Tanya Jawab Materi 1
  • Materi 2 dari Tim Pengawas BDR Disdik Kabupaten Kapuas
  • Tanya Jawab Materi 2
  • Materi 3 dari Tim SPMI LPMP Provinsi Kalimantan Tengah
  • Tanya Jawab Materi 3
  • Kesimpulan

Selama masa pandemi, proses belajar mengajar tidak bisa dilaksanakan secara tatap muka, proses pembelajaran tidak boleh berhenti harus tetap berjalan. Salah satu cara yang di rekomendasikan adalah Belajar Dari Rumah (BDR) baik secara daring maupun luring.

Untuk melaksanakan BDR secara efektif perlu kiat-kiat yang harus kita kuasai agar anak didik mampu menyerap materi yang kita sampaikan dengan baik.

Bagaimanakah kebijakan Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas terkait Kurikulum Darurat selama masa pandemi?

Pastikan kita mengikuti Webinar dengan Tema "Belajar Dari Rumah Efektif Di Masa Pandemi?"  Pada pukul 09.00 s.d 12.00 WIB. 

Semoga pengabdian kita akan memberikan makna bagi Bangsa dan Negara serta sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Doa dan Usaha adalah yang utama. Terus lah berjuang jangan pernah berhenti. Kobarkan semangat dalam dada. Wujudkan cita-cita untuk memajukan Pendidikan Indonesia.


Hidup Guru.
Hidup PGRI.
Maju Kabupaten Kapuas.
Jaya selamanya.
Wassalam.




Komentar

  1. Pertanyaan nya.mantap kesiapan di masa darurat itu penting

    BalasHapus
  2. Terimakasih Om Jay, suatu kebanggaan mendapat komentar dari seorang Guru Blogger Indonesia 🙏

    BalasHapus
  3. Dalam bingkai PGRI Mari kita tingkatkan persaudara sesama Pahlawan Tanpa Tanda Jasa.

    BalasHapus
  4. Salam Kenal.

    Hidup Guru.
    Hidup PGRI.
    Maju Kabupaten Kapuas.
    Jaya selamanya.

    BalasHapus
  5. Luar Biasa bu acaranya, Sukses selalu

    BalasHapus
  6. Mantap..semangat untuk kemajuan pendidikan👍Hidup Guru❤️Salam PGRI🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Bu Mahrita, semangat 👍 salam PGRI

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Resep Sukses Guru yang Pendiam Dalam Mengelola Kelas

Sebuah Pencerahan

Menu Yang Menggugah Selera