Maulid Nabi Besar Muhammad SAW secara Virtual di SMP Negeri 2 Selat


"Melalui Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Kita Teladani Akhlak yang Mulia untuk Meningkatkan Nilai - Nilai Karakter"

Bismillahirahmanirahim. Hari ini tepatnya Sabtu, 7 November 2020, memori kami melintas menuju ke masa dimana Nabi Muhammad SAW dilahirkan yaitu pada hari Senin tepatnya 12 Rabiul Awal pada tahun pertama sejak peristiwa tentara bergajah atau Amul Fiil.

"Tak kenal maka tak sayang" kalimat ini sudah tentu sering kita dengar. Peringatan Maulid Nabi ini sendiri sebagai salah satu bagian dari memperkenalkan sosok beliau, akhlak dan ajarannya.

Kondisi pandemi saat ini mungkin jadi melemahkan berbagai lini kehidupan. Namun, hendaknya kita jangan menyerah dan pasrah dengan keadaan ini. Semangat kami untuk memperingati hari besar ini tidak padam ditengah- tengah kondisi saat ini. Rintik hujan boleh membasahi bumi, namun bara semangat kami tetap ada di dalam diri. Salam SUPPEL! Santun, Unggul, Prestasi, peduli Lingkungan!


Ananda Sutami sebagai MC mulai menghantarkan peserta menuju acara. Rentetan susunan acara mulai terdengar dari mulut mungil siswa kelas IX A ini. Penampilan yang memukau dari Sanggar Haruei Harati juga turut memriahkan kegiatan ini.




Bapak Kadeni, S.Pd.,M.Pd. juga memberikan sambutannya. Beliau juga menyampaikan apresiasi kepada panitia dan seluruh peserta yang hadir hingga kegiatan ini dapat terlaksana. Beliau juga tak lupa berpesan kepada seluruh siswa agar terus bersemangat dalam belajar, memanfaatkan fasilitas sekolah dengan baik agar mutu tetap terjaga di masa pandemi. Beliau juga mengingatkan bahwa satu bulan lagi siswa akan menghadapi Ulangan Semester I sehingga belajar harus lebih ditingkatkan dan mencari berbagai referensi belajar. Beliau berpesan agar siswa jangan pasrah dengan kondisi pandemi yang tentunya hal ini akan merugikan. Meneladani sikap, karakter dan perilaku junjungan Nabi besar Muhammad SAW yang sudah banyak mmberikan suri tauladan akan kita perkuat untuk karakter kita.



Beliau juga menghantarkan peserta khususnya siswa- siswi pada sebuah film animasi yang sangat menginspirasi bagaimana sikap dan karakter  kepedulian harus dikembangkan.


Acara Maulid Nabi secara virtual ini selain dihadiri bapak/Ibu Dewan Guru juga di hadiri oleh Bapak Nurahim yang mewakili Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas. Beliau menyampaikan bahwa keteladanan dan sifat terpuji Rasulullah SAW wajib diimplementasikan dalam.kehidupan sehari - hari. "Mari bersama - sama nanti kita simak Tausiyah dari Bapak Penceramah", ajak beliau. 


Beliau menyampaikan pula bahwa peringatan hari besar seperti Maulid ini sangat penting dilaksanakan dilingkungan sekolah, karena tidak cukup seseorang hanya cerdas pada intelektual tetapi juga spiritual. 

Dalam setiap proses kehidupan, hal yang mendasar adalah penddikan. Agama, akhak dan budi pekerti luhur adalah hal yang penting. Karena pintar dalam ilmu pengetahuan tanpa ilmu agama akan berakibat seseorang dapat bertindak yang bertentangan dengan moral seperti korupsi, narkoba dan lain-lain yang dapat membawa ke jurang kehancuran. Beliau mengingatkan bahwa Sebagai generasi penerus sudah selayaknya anak- anak menimba ilmu yang berkaitan dengan akhlak karena kelak generasi inilah yang akan menjadi pemimpin- pemimpin daerah masa depan. " Jangan malas! Jangan jadi generasi penonton keberhasilan orang lain! Jadilah generasi tangguh! Tetap semangat dengan tetap menjaga kesehatan dan mematuhi protokol! Belajar tekun dan sukses meraih cita-cita! Isilah hari- hari mu dengan kegiatan yang positif! Lakukan hal positif walaupun kecil kelak akan menjadi hal besar! tetap semangat kepada Bapak dan Ibu Guru dalam menjalankan amanah dan menghantarkan siswa-siswi menuju kesuksesan!" tutup beliau pada sambutannya.


Ketua komite Bapak Juanedi L Gaol juga sangat mengapresiasi kegiatan ini.

Hingga tiba Bapak Penceramah Bapak Bahriansyah, S.Pd.I.,M.Pd mengajak seluruh peserta untuk menyimak tausiyah beliau.


Beliau mengawali tausiyahnya dengan memberikan pertanyaan- pertanyaan kepada siswa. 

Kapan Nabi Muhammad dilahirkan? Siapa nama Ibunda Nabi Muhammad? dan beberapa pertanyaan lainnya yang dijawab dengan baik dan semangat oleh siswa.

Beliau menyampaikan keutamaan memperingati Maulid Nabi.

Beliau menyampaikan bahwa kegiatan virtual ini merupakan salah satu cara kita menghidupkan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW dan semoga kita semua termasuk orang - orang yang ikut serta mensyiarkan Agama Islam.

Serta - merta isak tangis peserta mulai terdengar di audio. Saat beliau mengajak peserta untuk sesaat memejamkan mata dan mencoba melibatkan area otak penalaran, impuls syaraf dan beberapa bagian lainnya dalam membayangkan kejadian yang menyedihkan. Beliau mengajak imajinasi peserta pada kejadian saat dimana orang tua yang kita cintai dipanggil keharibaan sang Illahi. Beliau menyampaikan bagaimana dan apa yang sudah siswa- siswi berikan kepada orang tua hingga saat ini? bersyukurlah bagi yang masih memiliki orang tua. Dimana Nabi Muhammad SAW telah kehilangan ayahandanya saat masih berada dalam kandungan. Dimana masa itu belum ada lukisan atau foto yang dapat disimpan sebagai kenang- kenangan. Beliau belum sempat melihat ayahandanya dan pula harus kehilangan ibundanya saat berusia 6 tahun.  Tiada Umur yang kekal. janganlah sampai menyesal.

Beliau juga menyampaikan banyak hal bermanfaat serta mengajak seluruh peserta untuk bersolawat.

Kegiatan Maulid Nabi secara virtual ini pun juga ditutup dengan share screen video dari penampilan Drama Sanggar Haruei Harati SMP Negeri 2 Selat. Luar Biasa!

https://youtu.be/y7BfUXYAyU4


Alhamdulillah.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Resep Sukses Guru yang Pendiam Dalam Mengelola Kelas

Sebuah Pencerahan

Menu Yang Menggugah Selera