Koneksi antar materi modul 2.3 CGP Isnawati
Materi yang telah diperoleh dari awal modul hingga saat ini sangatlah bervariasi dan menarik. Mulai dari Filosofi Pemikiran Kihadjar Dewantara, Merdeka Belajar, Budaya Positif, Pembelajaran Berdiferensiasi hingga Kompetensi Sosial Emosional. Satu materi dengan yang lainnya saling berhubungan, semua memiliki web atau jaringan satu sama lain. Seperti apa koneksi antar keseluruhan materi tersebut? Berikut saya tuliskan di bawah ini.
1. Siswa memiliki minat dan bakat masing-masing yang berbeda, mereka bertumbuh dan berkembang sesuai minat dan bakatnya tersebut.
Siswa ibarat beraneka jenis bibit biji-bijian, mereka berbeda satu sama lain. Tugas guru menuntun tumbuh kembang mereka sesuai dengan kodrat alam dan zamannya.
2. Tuntunan guru yang sesuai menjadikan siswa bertumbuh dan berkembang sesuai dengan kemampuannya.
Sesuai dengan waktunya masing-masing. Hal ini membawa siswa pada muara baru pembelajaran yang merdeka. Dimana siswa sebagai pusat suatu pembelajaran, siswa bahagia.
3. Budaya Positif lahir dalam perjalanannya.
Pembentukan karakter yang baik, adanya kepercayaan satu sama lain antar siswa dan guru serta tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan.
4. Pembelajaran Berdiferensiasi pun hadir memperkuat tumbuh kembang mereka.
Tiap anak berbeda baik bakat,minat, tipe gaya belajarnya, dan kesiapan belajarnya. Rencana pembelajaran yang tepat dan disusun dengan baik hadir menyertai itu semua baik dalam diferensiasi konten, proses dan produk.
5. KSE (Kompetensi Sosial Emosional) turut andil dalam pembentukan karakter anak.
Ketika latihan dilakukan sesuai dengan tehnik-tehnik yang tepat maka mampu memperkuat kompetensi sosial emosional seseorang. Pengenalan emosi dan perasaan serta bagaimana menanggulanginya. Siswa lebih sehat dalam mental dengan KSE yang baik sehingga kebahagiaan mereka tercipta.
Komentar
Posting Komentar