Koneksi Antar Materi Modul 2.1

 

Apa itu pembelajaran berdiferensiasi?

Different adalah sebuah kata Bahasa Inggris yang memiliki arti berbeda. Lantas, apa itu Pembelajaran Berdiferensiasi?

Sesaat saya memandangi gambar diatas, ada beberapa kelompok warna dari potongan-potongan benda tersebut. Semua tampak rapi karena telah dikelompokan sesuai dengan warnanya.

Pada koneksi antar materi ini saya mencoba menuliskan apa yang dapat saya tangkap dari pembelajaran yang sudah saya peroleh.

Dalam sebuah pembelajaran alangkah bijaknya seorang guru dapat mengenal dengan baik siswa siswinya. Seorang guru hendaklah mengetahui tipe pembelajar seperti apa siswanya, apakah auditori, visual, atau kinestetik. Guru juga hendaknya mengetahui kesiapan belajar dan minat siswanya. Tidak lain tidak bukan hal ini dilakukan untuk memantapkan proses dan pencapaian tujuan pembelajaran yang efektif.

Pembelajaran Berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang beroientasi pada kebutuhan belajar siswa. Siswa yang memiliki perbedaan kesiapan, profil belajar dan minat hendaknya dapat diwadahi dengan baik sesuai dengan karakteristiknya dalam pelaksanaan pembelajaran.

Apa saja tipe pembelajar tersebut ?

1. Siswa Tipe Visual

2. Siswa Tipe Auditori

3. Siswa Tipe Kinestetik


Dengan mengetahui karakteristik Tipe Pembelajar siswa kita, kita sebagai guru akan lebih mudah menyajikan materi yang kiranya memudahkan siswa dalam pemahamannya. 

Pembelajaran Berdiferensiasi juga perlu strategi, seperti apa strateginya?

1. Diferensiasi konten

Konten adalah segala yang kita ajarkan. Bagaimana pemilihan konten dan penyajian yang tepat mampu memberika pengaruh bagi keberhasilan suatu pembelajaran.

2. Diferensiasi Proses

Proses yaitu bagaimana siswa memahami informasi materi yang mereka pelajari. Bagaimana siswa bekerja dalam kelompok atau individu, seberapa tingkat kompleksitasnya dan variasi waktu.

3. Diferensiasi Produk

Produk yakni tagiha yang diharapkan dari siswa, hendaknya mencerminka pemahaman siswa.

Bagaimana hal ini dapat terwujud bersama- sama ?

1. Tekad yang kuat dari Guru itu sendiri

2. Perencanaan yang baik

3. Lingkungan belajar yang mendukung

4. Dukungan dari rekan guru lainnya, kepala sekolah dan siswa

Pembelajaran Berdiferensiasi? Kalau bukan kita yang memulai, siapa lagi? Bergerak maju untuk mensukseskan Pendidikan Indonesia! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Resep Sukses Guru yang Pendiam Dalam Mengelola Kelas

Sebuah Pencerahan

Menu Yang Menggugah Selera